Perhatikan Betul-Betul, Inilah Penyebab Motor Turun Mesin

Turun mesin adalah hal paling tidak menyenangkan yang dialami oleh para pemilik kendaraan. Selain membutuhkan waktu lama dalam pengerjaan servisnya, biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit. Bahkan, biayanya bisa hampir menyamai harga motor tersebut. Ada beberapa penyebab motor turun mesin yang perlu Anda perhatikan.

Motor Turun Mesin Akan Memakan Banyak Biaya

Penyebab Motor Harus Turun Mesin

1. Melakukan tune up

Melakukan tune up mesin bisa menjadi penyebab motor harus turun mesin. Alasannya adalah tune up akan membuat mesin motor akan bekerja menjadi lebih dari biasanya karena cc akan naik. Komponen-komponen yang ada pada mesin juga akan bekerja lebih berat. Akibatnya, lama-kelamaan kualitas mesin akan menurun. Jadi, sebaiknya Anda memikirkan terlebih dahulu sebelum melakukan tune up.

2. Tidak memperhatikan kondisi air radiator

Air radiator merupakan komponen motor yang sangat penting. Fungsi dari air radiator adalah untuk membuat mesin supaya tetap dingin. Mesin yang terlalu panas akan mengurangi usianya. Bahkan, risiko yang paling besar adalah mesin harus diturunkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengecek kondisi air radiator.

3. Buruknya cara berkendara

Meski terlihat sepele, namun cara berkendara juga bisa menjadi salah satu penyebab turunnya mesin motor. Biasanya kesalahan ini sering dilakukan oleh anak muda, yaitu mengendarai motor dengan menggeber-geberkan gas. Cara berkendara ini benar-benar harus dihindari karena akan membuat komponen mesin motor menjadi cepat rusak.

4. Oli mesin habis

Mungkin ini salah satu akibat dari lalainya dalam melakukan perawatan rutin. Oli mesin sangat penting untuk menjaga stabilitas performa mesin. Jika Anda sampai melupakan dan membiarkan oli mesin habis, sudah hampir dipastikan motor Anda akan turun mesin. Periksalah oli mesin secara rutin setiap dua atau tiga bulan sekali.

5. Tidak pernah melakukan servis besar

Ada dua macam servis yang harus Anda lakukan, yakni servis rutin dan servis besar. Servis rutin dilakukan setidaknya dua bulan sekali, sedangkan servis besar dilakukan setahun sekali. Servis besar ini sangat dianjurkan oleh para pabrikan motor untuk membersihkan kerak yang tertumpuk pada komponen-komponen pembakaran.

Itulah tadi beberapa penyebab yang membuat motor harus turun mesin. Setelah mengetahui hal ini, sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi dalam melakukan perawatan agar tidak keluar biaya yang cukup besar nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *