Kehadiran dari investasi di Indonesia memang semakin banyak digemari oleh sejumlah orang termasuk generasi milenial. Terlebih lagi, sekarang berinvestasi juga menawarkan modal rendah kepada para pelakunya sehingga memberikan akses cukup mudah untuk menjalankannya.

Kendati sudah semakin banyak orang menaruh minat pada kegiatan tersebut, tetapi dibandingkan dengan negara maju minat masyarakat Indonesia memang rendah. Hal tersebut mungkin disebabkan juga karena pendapat bahwa kegiatan inipun hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya saja.

Jenis Investasi di Indonesia

Tetapi jangan khawatir karena ternyata saat ini semakin banyak masyarakat yang berminat melakukan kegiatan ini karena kemudahan dalam menjalankannya. Sudah banyak jenis investasi di Indonesia dimana menawarkan modal cukup terjangkau kepada umum.

Bahkan Kementerian BKPM sendiri mencatat bahwa dari tahun 2017-2018, jumlah investasi yang ada di Indonesia berada di angka Rp678,3 triliun. Ini bisa membuktikan bahwa terdapat kemajuan yang cukup bagus.

Nah, apabila Anda ingin memulai untuk melakukan kegiatan investasi, maka kenali beberapa jenisnya berikut ini:

Saham

Kalau Anda mempunyai kantong tebal dan ingin mendapatkan keuntungan dengan jumlah besar, maka saham bisa menjadi pilihan paling tepat. Kendati demikian, keuntungan tersebut berbanding lurus dengan kerugian yang besar juga.

Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan. Itu berarti ketika Anda membeli instrument ini maka mempunyai sebagian kepemilikan atas perusahaan bersangkutan.

Reksadana

Apakah Anda punya dana terbatas tetapi tetap ingin menjalankan investasi? Kalau begitu Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalankan investasi di Indonesia bernama Reksadana ini. Secara umum ini merupakan sebuah instrument investasi dimana dana dari beberapa investor akan dikumpulkan menjadi satu.

Deposito

Jika dilihat sekilas, deosito mempunya kemiripan dengan tabungan tetapi risikonya lebih rendah sehingga banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Tetapi yang membedakannya dengan tabungan biasa adalah tingka bunga sekaligus jatuh tempo.

Emas

Rekomendasi jenis investasi berikutnya adalah emas dimana sangat cocok bagi investor yang menyukai instrument secara fisik dengan nilai instrinsik lebih jelas. Kehadiran produk inilah cukup digemari oleh masyarakat sejak jaman dulu hingga sekarang.

Berinvestasi memang menjadi salah satu kegiatan yang memberikan keuntungan cukup besar kepada pelakunya. Tetapi apabila Anda ingin melakukan kegiatan ini, maka pastikan Anda memilih jenis investasi di Indonesia yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like