Bisnis Tanpa Modal? Bisa, Ini Beberapa Contohnya

Banyak orang yang ingin berbisnis, tetapi selalu khawatir dengan modal yang harus disediakan. Akhirnya, belum memulai pun sudah putus asa begitu saja. Padahal, dengan perkembangan teknologi dan cara perdagangan masa kini, Anda bisa memulai bisnis meskipun tidak punya modal sama sekali. Kadang yang dibutuhkan hanya seperangkat gawai, jaringan internet, dan kepandaian mengelola usaha. Beberapa contoh bisnis tanpa modal antara lain adalah:

Menjalankan Bisnis Tanpa Modal

Beberapa Bisnis yang Bisa Dilakukan Tanpa Banyak Modal

1. Menjadi reseller

Salah satu usaha yang kian banyak dilakukan oleh hampir semua kalangan adalah menjadi reseller atau pun dropshipper. Cara ini memungkinkan Anda berjualan bahkan tanpa memiliki barang sendiri. Tentu saja, Anda harus bekerja sama dengan seorang supplier supaya bisa menjualkan barang-barang mereka dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Anda hanya harus pintar menawarkan barang supaya orang-orang berminat dan akhirnya menjadi pelanggan. Menjadi reseller atau dropshipper pun tidak terbatas usia, pengalaman, dan status pekerjaan. Siapa pun bisa melakukannya asal pandai bernegosiasi.

2. Membuka jasa pembuatan website online

Sampai saat ini masih sedikit sekali orang yang bisa membuat website sendiri, sedangkan permintaan pembuatan website kian meningkat. Apabila Anda punya keahlian untuk membuat website, coba saja buka bisnis yang menawarkan jasa pembuatan website secara online. Bahkan, jika Anda tidak bisa membuat sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan seorang ahli, lalu Anda yang bekerja sebagai pencari klien, sedangkan rekan Anda sebagai pemroduksi. Jika usaha ini berkembang dengan baik, Anda bahkan bisa merekrut banyak programer untuk masuk ke dalam tim.

3. Menjadi vlogger

Video blogger adalah jenis pekerjaan anyar yang baru-baru ini menjadi kian populer. Siapa sangka, profesi ini bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang berlimpah. Ketika akun Anda sudah mulai populer, akan banyak sponsor yang datang pada Anda. Bahkan, ketika Anda ingin berjualan barang dengan memanfaatkan kepopuleran, hal tersebut akan jadi lebih mudah. Terlebih, banyak hal asik yang bisa dilakukan sebagai vlogger. Misalnya, Anda bisa mencoba makanan tiap hari jika Anda vloger kuliner, atau jalan-jalan ke berbagai destinasi karena mendapat sokongan sponsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *