April 7, 2024

Bagi beberapa orang, belajar akuntansi mungkin sangat membosankan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara belajar akuntansi dengan benar, terutama untuk pemula.

Selain terasa rumit, belajar secara asal-asalan akan membuat proses belajar menjadi lama. Sementara itu, dengan cara dan tahapan yang tepat, maka Anda akan jauh lebih mudah mempelajari ilmu tersebut.

Pada kali ini akan diberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk mengikuti tahapan-tahapannya agar benar-benar mendapatkan manfaat secara maksimal.

Cara Belajar Akuntansi dengan Cepat dan Mudah

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Semua harus dilakukan secara berurutan agar tidak mengalami kendala yang berarti.

1. Pahami tujuan belajar

Ada beberapa alasan kenapa orang ingin mempelajari akuntansi. Beberapa contoh di antaranya adalah sekadar mengikuti tuntutan pelajaran di bangku kuliah, untuk keperluan bisnis pribadi, atau untuk berkarier di bidang tersebut.

Jadi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami tujuan belajar terlebih dahulu. Hal ini akan menjadi modal berharga agar Anda bisa tetap menjaga semangat ketika belajar. Saat rasa malas mulai muncul ingat-ingat kembali tujuan ini.

2. Memahami konsep dasar akuntansi

Dalam belajar apapun, satu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memahami konsep dasar terlebih dahulu. Pada umumnya, akuntansi merupakan ilmu yang berurusan dengan proses mencatat, mengolah, dan menyajikan data terkait dengan aktivitas keuangan.

Jadi, beberapa konsep dasar yang perlu dipahami adalah seputar keuangan seperti kas, debit, kredit, modal, laporan keuangan, dan lain-lain. Apabila belum memahami, silakan baca buku terkait dasar-dasar akuntansi terlebih dahulu.

Apabila dirasa sudah cukup paham, barulah Anda bisa belajar ke hal-hal yang lebih kompleks seperti rumus perhitungan, neraca, atau sebagainya. Bahkan, jika perlu Anda bisa belajar konsep dasar ini lewat internet seperti blog, website, atau YouTube yang banyak tersedia saat ini.

Selain beberapa istilah tersebut, Anda juga harus mempelajari perhitungan dasar seperti menghitung aset. Aset merupakan sumber ekonomi dari sebuah perusahaan atau organisasi sehingga sangat penting untuk dipahami.

3. Mencari mentor dan praktik langsung

Cara belajar akuntansi yang berikutnya adalah mencari mentor. Dibandingkan lainnya, cara ini adalah yang paling cepat jika Anda benar-benar ingin belajar tentang akuntansi.

Mentor atau guru memiliki metode yang paling tepat untuk belajar dari awal. Jika ingin belajar akuntansi untuk karier, Anda bisa mengikuti program magang dan mencari ilmu dari para senior di perusahaan tersebut.

Anda akan dipaksa untuk langsung praktik saat itu juga sehingga proses belajar akan jauh lebih cepat. Namun, pastikan Anda sudah mempelajari ilmu-ilmu dasar terlebih dahulu seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya.

Selain itu, saat ini juga sudah cukup banyak pelatihan online mengenai akuntansi. Bahkan, beberapa juga menyediakan peluang untuk menjadi freelancer sehingga selain belajar Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Memahami siklus akuntansi

Cara belajar akuntansi yang terakhir adalah memahami siklus akuntansi. Istilah ini merujuk pada tahapan sebuah informasi hingga akhirnya menjadi sebuah laporan keuangan yang sistematis.

Beberapa poin siklus tersebut terdiri dari tiga tahapan, yakni sebagai berikut.

  • Pencatatan atau penggolongan
  • Membuat ikhtisar keuangan
  • Menyajikan laporan keuangan

Apabila ketiga hal tersebut sudah berhasil Anda pelajari, maka Anda sudah memiliki bekal yang cukup. Silakan kembangkan dan asah pengetahuan tersebut dengan terus belajar dari berbagai sumber.

Itulah tadi beberapa cara belajar akuntansi agar lebih mudah. Untuk belajar hal-hal seputar akuntansi lainnya, Anda bisa mengunjungi GuruAkuntansi.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *